Kamis, 18 April 2013

Jenis - jenis Gas

Jenis-jenis gas :

1. LNG atau Liquefied Natural Gas

adalah gas alam cair yang telah diproses untuk menghilangkan ketidakmurnian dan hidrokarbon berat, untuk kemudian dikondensasi menjadi cairan pada tekan atmosfer dengan mendinginkannya sekitar -160°Celcius.



CNG atau Compressed Natural
http://greenkraftinc.com/assets/images/cng-diagram.png
adalah gas alam terkompresi sebagai alternatif bahan bakar. Di Indonesia CNG dikenal sebagai bahan bakar gas (BBG), yang lebih bersih dibandingkan bensin atau solar, karena emisi gas buangnya ramah
lingkungan.


LNG  dan CNG  sama-sama gas alam, bedanya LNG dalam bentuk cair, CNG gas alam
terkompresi.

2. LPG atau Liquefied Petroleum Gas


merupakan gas hasil produksi dari kilang minyak atau kilang gas, yang komponen utamanya adalah gas propane (C3H8) dan butane (C4H10) yang dicairkan. ELPIJI adalah merk dagang LPG yang dipasarkan oleh Pertamina untuk masyarakat Indonesia sebagai kebutuhan atau penggunaan bahan bakar. Masyarakat Indonesia umumnya menyebut LPG sebagai ELPIJI.





LGV atau Liquified Gas for Vehicle sering disebut Vi-Gas,
merupakan bahan bakar gas yang diformulasikan untuk kendaraan bermotor yang menggunakan spark ignition engine terdiri dari campuran propane (C3) dan butane (C4). Bahan bakar ini sudah banyak digunakan oleh kendaraan umum seperti taksi dan angkutan kota, maupun kendaraan  umum.

 HEMAT ENERGI ya…
Sumber : Majalah Energi Pertamina Edisi 40 Halaman 12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar